5 Cara Membuka Arsip Telegram 2022

Cara Membuka Arsip Telegram – Pada beberapa aplikasi Chatting online menyajikan sebuah sistem yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk menyembunyikan pesan. Seperti halnya di aplikasi Telegram, dimana fitur menyembunyikan pesan tanpa menghapus tersebut dinamakan sebagai arsip.

Menggunakan fitur arsip Telegram, para pengguna dapat menyembunyikan pesan pribadi, grup dan Channel. Sehingga nantinya setelah disembunyikan dari daftar obrolan, para pengguna bisa menampilkan pesan tersebut kembali jika dibutuhkan. Namun bagaimana cara membuka arsip Telegram?

Ada beberapa cara untuk menampilkan kembali pesan yang sudah dimasukkan ke dalam arsip Telegram. Dimana cara membuka arsip Telegram dapat dilakukan dengan pengaturan yang sudah ditentukan sebelumnya. Sehingga setiap pengguna bisa mengatur sendiri cara membuka dan menyembunyikan arsip.

Nah pada artikel kali ini, admin Im3buzz akan mengulas mengenai cara membuka arsip Telegram. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan mengenai fungsi dan pengaturan arsip di Telegram berikut ini.

Fungsi Arsip Telegram

Fungsi Arsip Telegram

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa arsip Telegram berfungsi sebagai folder atau tempat menyimpan pesan yang tidak ingin ditampilkan di daftar obrolan. Sehingga setelah chat pribadi, grup atau Channel di Telegram ditambahkan ke daftar arsip, maka chat tersebut tidak akan muncul lagi di tampilan daftar obrolan utama.

Dengan begitu, para pengguna bisa menyembunyikan chat di Telegram tanpa harus menghapusnya secara permanen. Namun hanya disembunyikan secara sementara.

Banyak pengguna yang bingung ketika grup di Telegram hilang, hal tersebut bisa terjadi karena grup tersebut tidak sengaja di tambahkan ke arsip Telegram, buat anda yang ingin tahu cara ketahui grup Telegram yang terhapus atau hilang, admin Im3buzz sudah pernah mencoba cara mencari grup Telegram yang terhapus.

Nah setelah ketahui manfaat arsip Telegram, sekarang bagaimana cara mengatur arsip Telegram? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pengaturan Arsip Telegram

Pengaturan Arsip Telegram

Cara mengatur atau menu pengaturan arsip Telegram dapat ditemukan melalui menu Pengaturan Obrolan di Telegram. Yakni dengan memilih Gestur Geser untuk obrolan. Dimana di aplikasi Telegram sudah disediakan fitur Gestur Geser sebagai cara untuk melakukan sesuatu di halaman obrolan. Nah fitur Gestur Geser tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka maupun menyembunyikan pesan sebagai arsip.

Untuk menggunakan fitur Gestur Geser sebagai gerakan untuk membuka arsip, maka pengguna perlu memilih opsi fungsi fitur tersebut sebagai arsip. Sehingga setelah menentukan fungsi Gestur Geser sebagai arsip, maka nantinya pengguna hanya perlu menggeser pesan ke kiri untuk menambahkan nya menjadi arsip di Telegram.

Berbeda lagi pada versi Telegram Desktop atau PC, dimana untuk menu Pengaturan Arsip Telegram dapat dilakukan secara manual. Yakni dengan cara klik kiri pada chat, lalu pilih Archive. Sehingga nantinya chat tersebut akan ditambahkan ke folder arsip di Telegram.

Nah setelah ketahui cara menggunakan fitur Gestur Geser untuk arsip, sekarang bagaimana cara membuka atau menampilkan kembali arsip tersebut? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuka Arsip Telegram

Cara membuka arsip dapat dilakukan dengan menggunakan Gestur Geser bawaan aplikasi. Yakni dengan menarik ke bawah di ruang obrolan Telegram. Dengan begitu nantinya secara otomatis folder arsip di Telegram akan ditampilkan di halaman obrolan utama Telegram. Pada artikel kali ini akan admin Im3buzz sajikan cara membuka arsip di aplikasi HP Android dan iPhone. Cara menampilkan arsip di Telegram adalah sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi Telegram menggunakan HP Android maupun iPhone, pastikan anda sudah memperbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru. Sehingga bisa menggunakan fitur Gestur Geser untuk membuka arsip.

Buka Aplikasi Telegram

2. Tarik Ke Bawah Daftar Obrolan

Langkah kedua yaitu menarik halaman daftar chat di Telegram ke bawah. Dengan begitu nantinya folder arsip Telegram akan muncul di bagian paling atas pada halaman daftar chat Telegram.

Tarik Ke Bawah Daftar Obrolan

3. Tunggu Sampai Arsip Telegram Muncul

Selanjutnya silahkan tunggu sampai folder arsip membuka di halaman daftar chat. Pasalnya jika anda melepas tarikan ke bawah di halaman daftar chat sebelum folder arsip muncul, maka folder arsip Telegram tersebut akan kembali hilang atau disembunyikan.

Tunggu Sampai Arsip Telegram Muncul

4. Ketuk Folder Arsip Telegram

Kemudian setelah folder arsip muncul, silahkan lanjutkan membuka arsip tersebut dengan cara ketuk pada folder arsip tersebut.

Ketuk Folder Arsip Telegram

5. Selesai Membuka Arsip Telegram

Nah sekarang anda sudah berhasil mencoba cara membuka pesan Telegram yang diarsipkan. Yakni dengan cara tarik layar kebawah pada halaman daftar pesan di Telegram.

Selesai Membuka Arsip Telegram

Itulah informasi mengenai cara membuka arsip. Bagaimana apakah masih ada yang mengalami kendala saat mencoba cara buka folder arsip di Telegram menggunakan cara-cara di atas?

FAQ

Apakah chat di Telegram bisa disembunyikan?

Bisa, yakni dengan memanfaatkan fitur arsip di Telegram.

Apa itu arsip Telegram?

Sehingga pengguna bisa menyembunyikan pesan di Telegram tanpa harus menghapus pesan tersebut.

Bagaimana cara membuka arsip Telegram?

Cara buka folder arsip Telegram dapat dilakukan dengan Gestur Geser, yakni dengan menarik layar ke bawah pada halaman daftar obrolan di Telegram.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara membuka arsip Telegram dapat dicoba dengan menarik layar ke bawah pada tampilan daftar chat di Telegram. Dengan begitu nantinya folder arsip Telegram akan kembali muncul atau ditampilkan. Dan pengguna bisa membuka kembali pesan yang sebelumnya sudah ditambahkan ke arsip.

Sekian artikel kali ini tentang cara membuka arsip. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Im3buzz.com dan semoga ulasan di atas tentang cara membuka arsip dapat menambah informasi buat anda semuanya.

Tinggalkan komentar